Sabtu, 23 November 2013

Beternak Ulat Hongkong


 Beternak (breeding) Ulat Hongkong / Ulat Kandang
 Tahapan beternak :
1*     Siapkan beberapa nampan atau tempat kotak plastic (3, 4 atau lebih), dengan tinggi nampan minimal 7-10cm.
2*     Berilah 2 nampan tsb dedak atau tepung jagung setebal  1 -1,5cm
3*     Diatasnya taburilah dengan foor/pelet/konsentrat  511 untuk  ayam  potong/buras kecil  dan sayuran ( bekas masak di dapur), example : sawi, buncis, arnong.
4*    Taruhlah ulat hongkong sebanyak 2 – 4 ons atau secukupnya di 2 nampan tsb.
5*     Berilah makan foor/konsentrat dan sayur  2 hari sekali, atau sesuai kebutuhan dan bersihkan dari kotoran sayuran yang mengering
6*     Tunggulah 2 minggu lebih, ulat yg besar akan berubah menjadi  kepompong putih lunak kemudian   bermetamorfosis menjadi kumbang bersayap warna  putih ke merah  ke hitam.


7*    Pisahkan kumbang-kumbang tsb dari ulat2 yg belum berubah di nampan  yang lain dengan  isi dan makanan yg sama seperti nampan yg lain( tetap berilah makan). Setelah 1 bulanan  kumbang telah bertelur dan bentuk telurnya tersamar dengan dedak/tepung jagung dan pakan yg lain, tunggulah sampai tetasan ulat agak besar dan ayaklah hasil ulat remajanya dan pisahkan, sisa ayakan (seperti debu kecil2) masukkan lagi ke nampan sebelumnya karna masih terkandung banyak telur.
8*     Proses pembibitan dan sampai  menetas kurang lebih 3 bulan. Kemudian  hasilnya bisa dikembangkan  sendiri.
9*      Jika telah sukses tambahlah nampan2  tsb untuk memperbanyak produksi
1*   Nampan harus ditempatkan (ditumpuk menyilang) di atas alas yang tidak terganggu oleh semut ( alasnya diberi penghalang  seperti : air atau kapur anti semut, dan jarak dari dinding min 30cm agar tidak diloncati oleh cicak dan hewan pengganggu yg lain.
1*    Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, jangan lupa berdo’a, semoga sukses.
1*     By.Irawan   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar