Sabtu, 14 November 2009

MERAIH RUPIAH DENGAN MELUKIS KAOS

Berbagai aspek kehidupan harus kita sikapi dengan karya yang positif dan kreatif untuk meningkatkan taraf perekonomian kita. Salah satu bentuk kreatifitas tersebut adalah membuat sesuatu yang terkesan biasa menjadi sesuatu yang luar biasa dan mempunyai nilai lebih dan tentunya akan memberikan nilai tambahan berbentuk profit kepada diri kita. Kita akan membahas bagaimana menciptakan suatu karya lukis yang menarik pada sebuah kaos dengan tujuan kaos tersebut menjadi mempunyai nilai jual yang lebih. Hal-hal yang perlu kita lakukan adalah.
1. Kita siapkan dulu kaos atau T-shirt polos putih yang akan kita lukis.
2. Sediakanlah juga tatakan untuk alas kaos saat kita melukisnya agar tidak tembus pada kain kaos dibawahnya dan agar tercipta landasan kaos yang datar hingga memudahkan kita untuk melukisnya. Tatakan tersebut bisa dari kayu triplek atau plastic mika yang tebal dengan ukuran sesuai lebar dan panjang kaos.
3. Siapkanlah berbagai warna cat kain yaitu Acrilic, usahakan warna putih lebih banyak kita sediakan. Dan air sebagai bahan pengencernya.
4. Kipas angin dan seterika

5. Kuas ukuran sedang sampai yang terkecil.
6. Spidol kain, pensil serta penghapus.
7. Contoh-contoh gambar yang akan kita lukis.
Pengerjaannya adalah sebagai berikut : Kita dasari dulu kaos tersebut dengan warna putih dengan merata jangan terlalu tebal atau tipis. Yang diberi dasar usahakan seminimal mungkin dimana di tempat yang berdasar warna putih itulah nantinya akan kita torehkan warna-warna lain bentuk dari lukisan kita. Tunggulah warna dasar tersebut hingga kering, setelah kering buatlah sket dasar lukisan kita dengan pensil. Setelah terbentuk sket dari objek lukisan kita mulailah dengan mengisinya dengan warna-warna yang kita inginkan, sekali lagi jangan terlalu kental atau encer, saat kita mulai melukis sebaiknya kita nyalakan kipas agar membantu mempercepat proses pengeringan. Setelah terbentuk sebuah gambar atau lukisan dan telah kering, jika kita ingin memberikan garis pinggir hitam lakukan dengan menorehkannnya dengan kuas terkecil atau dengan spidol kain. Proses terakhir adalah setelah semuanya warna kering, lapisilah permukaan gambar dengan kain halus dan kita seterika. Tentunya modal utama adalah sabar, berhati-hati dan tlaten untuk memperoleh gambar yang bersih dan bagus.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
By. Irawan http://kreatifkerja.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar