Minggu, 03 Juli 2011

Cara Memperbanyak/membudidayakan bunga Samia Variegata.


Cara Memperbanyak/membudidayakan bunga Samia Variegata.

Untuk memperbanyak/membudidayakan/mengembangbiakkan bunga Samia ( jenis bunga daun), baik itu yang berjenis samia biasa ( warna daun hijau ) ataupun yang variegate

( kombinasi warna daun hijau, putih dan kuning ) dapat dilakukan dengan langkah-langkah sbb :

  • Siapkan media tanam dalam pot ukuran sedang atau kecil yang terdiri dari campuran tanah 50%, potongan pakis 30% dan pasir 20%. Usahakan media tanam harus gembur.
  • Ambilah satu atau dua helai daun (leaf) dari bunga samia yang telah besar atau indukan. Usahakan daun yang dijadikan bibit tersebut adalah daun yang tumbuh di pangkal, bukan yang di tunas atau masih muda.( untuk pertama kali mencoba sebaiknya menanam dengan satu atau dua helai daun saja ).

  • Masukkan sehelai daun tersebut ke pot yang telah dipersiapkan dan tanamkan hingga 1/4 bagian daun ternanam di dalam tanahnya. Basahi tanah secukupnya ( jangan terlalu basah/becek), dan taruhlah di tempat yang teduh dan aman dari sentuhan ( tidak tergoyang-goyang). Basahilah 2 hari sekali.
  • Biarkan selama 3 minggu s/d 1 bulan, bila tidak layu berarti kemungkinan besar daun tersebut sudah tumbug umbi kecilnya di dalam media tanam.
  • Setelah melewati masa kritis selama 1 bulan lebih daun akan layu atau mengecil, itu berarti proses pembesaran umbi telah berlangsung di dalam media tanam.
  • Bila dari umbi tersebut telah tumbuh tunas dan 2 daun kecilnya ( seperti kecambah ) biarkan di tempat teduh. Dan bila telah tumbuh 4 daun kecilnya letakkan di tempat yang terkena sinar matahari di pagi hari 1-2 jam. Untuk mempercepat proses pertumbuhannya berilah pupuk organic/pupuk dari kotoran hewan yang telah dikeringkan. Kesabaran, ketelatenan dan doa adalah modal penunjang kesuksesan pembudidayaan bunga samia.

Selamat mencoba dan semoga sukses menjadi pengusaha Flower breeding.

By. Irawan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar