Senin, 30 Juli 2012

Breeding/Membudidayakan Bunga Sansivieria Jenis-jenis Langka di Lahan yang Sempit, Bahkan Bisa di Teras-teras Rumah. ( sebagai bidang usaha baru dengan modal kecil dan tempat yang minimalis )
Berdasarkan pengalaman pribadi yang saya alami tentang bunga, perkembangan bisnis bunga/ agrobisnis, biasanya permintaan pasar terkualifikasi pada bunga jenis-jenis tertentu dan permintaan tersebut biasanya tidak pernah menurun, bila menurunpun tidak dalam waktu yang cukup lama. Bagaimana karakter jenis-jenis bunga yang tetap dominant dibutuhkan konsumen/pasar? Jawabannya adalah : bunga tersebut harus berjenis langka (sulit didapatkan / karena sulit pembiakannya dan pemeliharaannya), 
bunga atau daun tersebut mempunyai warna yang menarik dan beragam, dibutuhkan secara masal dalam jumlah yang banyak dan waktu tertentu ( bunga melati, bunga kertas untuk kebutuhan hiasan acara pernikahan ), mempunyai bentuk yang unik, jenis import dari negara lain, hasil okulasi ataupun persilangan dari beberapa bunga.
Salah satu yang akan saya uraikan adalah cara membiakkan jenis bunga sansivieria yang langka, sebagai contoh sansivera pinguin star. Berbisnis bunga merupakan usaha mandiri kreatif untuk memberikan tambahan pendapatan (mata pencaharian sampingan atau utama ) dan untuk mengurangi pengangguran di negara kita ini. Saya pilih bunga sansivera yang berjenis langka, karena memang masih banyak peminatnya dan tidak perlu membutuhkan lahan yang luas ataupun media tanam yang banyak, tetapi memang harga satu bentuk bunga tersebut sangat mahal, jika bisa kita menawar untuk membeli satu daunnya saja untuk kita budidayakan dan dengan demikian kita bisa mendapatkan harga yang murah. Beberapa kali saya  gagal membudidayakannya /menanam daun sansivera tersebut sebelum saya menemukan cara membudidayakannya. Setelah menemukan tips atau trik cara membudidayakannya barulah saya menulis artikel ini.

Tips untuk membudidayakan atau mengembangbiakkan bunga sansivera adalah sbb:
Sebetulnya caranya mudah dan sederhana, siapkan dulu media tanamnya di pot plastic kecil, yang terdiri dari 70% pasir halus dan 20% pupuk kandang yang telah kering dan dihaluskan, 10% tanah, aduk ketiga bahan tersebut sampai rata. Tanam sehelai daun sansiviera ( Helai daun pangkal yang sudah tua) sampai setengah daunnya tertanam di dalam tanah, media jangan ditekan, usahakan tetap gembur.  ,Jangan disiram dahulu, tutup dengan plastic trasparan yang di beri 2-3 lubang kecil dan ikat dengan karet gelang di sisi luar pot. Setelah 2 hari baru kita siram dengan sedikit air di sisi pinggir pot terluar, dan jangan terlalu basah. Ulangi penyiraman 4 atau 5 hari sekali di waktu pagi ( jangan terlalu basah). Usahakan bunga tetap kokoh atau jangan tersentuh /tergoyang. Tunggu dengan sabar sampai 1 bulan, bila batang daun sansivieria tetap hijau berarti bunga tersebut telah tumbuh berakar dan plastic bisa dilepas, tunas baru akan tumbuh kira-kira 2-3 bulan kenudian, sampai tunas tumbuhpun tetap jangan terkena cahaya matahari secara langsung dan jangan terlalu banyak air, karena memang jenis bunga sansivera adalah bunga yang bermedia kering, setelah tunas tumbuh besar seperti indukannya barulah dapat kita pindah pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Untuk pertama kali jangan mencoba dengan membiakan  dalam jumlah besar, cukup 1 atau 2 bunga saja, bila telah sukses barulah kita perbanyak jumlah pembiakannya. Kemungkinan tips membiakkan sansivera tersebut bisa untuk beberapa bunga yang cara menanamnya/membiakannya hanya dengan menanamkan daunnya saja ( seperti bunga samia ).

Semoga tips bertanam sansivieria tersebut diatas bisa membantu semua pembaca untuk memperbanyak atau membudidayakan bunga sansivieria, dan memberikan wacana wirausaha baru di bidang agrobisnis. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar