Jumat, 04 September 2009

BUDAYA SESEORANG UNTUK MEMILIKI 2 ATAU LEBIH KEGIATAN USAHA.


Tuntutan hidup, perkembangan teknologi dan informasi, ambisi, dan terbukanya peluang serta kesempatan, dan kemampuan sumber daya yang dimiliki, membuat seseorang bisa memiliki dua atau lebih pilihan bisnis atau usaha untuk dijalankan.
Di era yang penuh perkembangan seperti saat ini memungkinkan seseorang membuat dan mempunyai beberapa pilihan baru dalam menentukan tipe pekerjaan yang akan dilakukannya. Beberapa factor yang mempengaruhi mengapa seseorang bisa melakukan beberapa tipe
pekerjaan untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang semakin baik , antara lain adalah :
Bila seseorang merasa mempunyai pengalaman, teori atapun praktek, juga link atau bisa dikatakan mempunyai sumber daya di bidang pekerjaan yang lain/bereda.
Kemampuan secara financial untuk membuka atau menciptakan bentuik usaha/kerja yang baru. Kegigihan, ketlatenan atau niat yang sangat besar untuk menggeluti suatu bentuk kegiatan yang baru, meskipun secara financial ataupun pengalaman dia kurang mencukupi, tetapi ambisi untuk mencapai kesejahteraan hidup yang lebih baik sangatlah besar. Hal ini hanya termiliki oleh orang-orang yang mempunyai sifat pekerja keras, tlaten dan sabar, karena memang biasanya jurasi lamanya waktulah yang membuat mereka sukses.
Adanya kesempatan atau peluang yang terbaca dan teryakini bahwa kesempatan atau peluang untuk menggeluti bentuk usaha baru tersebut sangatlah menjanjikan dan bisa memberikan hasil/profit.
Semakin dipermudahnya pada sisi birokrasi pemerintahan untuk membuka usaha atau berwiraswasta di segala segi perekonomian.
Jadi tidak mengherankan bila sekarang banyak kita dapati seorang PNS juga berwiraswasta, atau seorang pekerja swasta juga berwiraswasta, atau juga seseorang wiraswasta mempunyai beberapa bentuk usaha wiraswasta yang berbeda-beda. Asumsi termilikinya beberapa kegiatan usaha oleh seseorang bukan dilihat saja dari usaha yang harus mempunyai karyawan sendiri atau kantor ataupun usaha yang besar, tetapi meliputi juga dari semua bentuk usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperbaiki kehidupannya meskipun secara perorangan, bentuk usaha kecil-kecilan, ataupun bentuk usaha yang dikerjakan oleh keluarga saja, dapat kita kategorikan bahwa seseorang tersebut mempunyai kemampuan untuk melakukan beberapa kegiatan bentuk usaha/kerja untuk menciptakan kesejahteraan hidup yang lebih baik. Dan hal ini bukan tidak berarti bentuk usaha kecil yang mereka geluti tidak memberikan dampak perkembangan yang besar terhadap kemajuan/developing perekonomian kita, justru malah sebaliknya, dari mereka-merekalah produk jasa dan barang bisa secara langsung terdistribusi kepada pemakainya. Juga masih banyak profesi yang bisa digeluti di tengah kesibukkan kita yang lain, ex: penulis, pelukis, pengrajin, fotografer, pedagang eceran, dsb.
Semoga wacana diatas bisa menambah wawasan positif kita tentang menciptakan bentuk usaha baru.
By. Irawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar