Selasa, 08 Desember 2009

Pertanyaan Masyarakat Tentang Perubahan Iklim Global - About Earth Weather Changes in 2009

Tahun 2009 ini berbagai fenomena alam telah terjadi dan yang paling terasa adalah adanya beberapa perubahan iklim pada hampir semua permukaan bumi. Banyak bermunculan perkiraan-perkiraan bagaimanakah bentuk atau hasil dari perubahan iklim tersebut baik yang dilakukan oleh para ahli yang berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi ataupun dari kalangan yang non ilmuan yang biasa disebut paranormal atau juga beberapa pendapat prediksi dari masyarakat umum.
Pada dasarnya semua perubahan iklim yang terjadi di bumi kita diantaranya adalah value atau hasil dari penggunaan sumber daya bumi oleh manusia dan semua aktifitas hidup dari manusia itu sendiri. Diantaranya adalah : penggunaan gas atau zat yang menyebabkan

berkurangnya lapisan ozon di atmosfir kita, ekploitasi besar-besaran pada sumber energi yang ada di perut bumi kita, penebangan hutan, pencemaran air tawar dan laut oleh limbah-limbah industri dan manusia, dan berkurangnya atau terjadinya ketidak seimbangan ekosistem antara makhluk hidup (hewan, tumbuhan dan manusia).
Dari akibat semua ini alam dengan sendirinya mengadakan penyeimbangan, tetapi penyeimbangan yang dilakukan oleh alam tidak terdukung oleh perubahan yang telah terjadi pada lingkungan di muka bumi akibat ulah yang berlebihan dan tidak bertanggungjawab dari manusianya sendiri. Sehingga terlahirlah bentuk negative yang lebih dikenal dengan bencana alam, misalnya : banjir dan kekeringan yang berlangsung lama. Mungkinkah gejala pergeseran lempeng tektonik daratan bumi juga disebabkan karena berkurangnya zat padat dari dalam bumi (yang bisa jadi menyebabkan berkurangnya berat jenis bumi sehingga biosa berpengaruh pada tingkat percepatan rotasi bumi juga pada posisi bumi di orbitnya), yang dengan sendirinya menyebabkan bumi menyeimbangkan dirinya sendiri untuk mempertahankan kestabilan dan energi bumi itu sendiri, juga mungkinkah perubahan iklim yang tidak menentu juga merupakan proses penyeimbangan bumi pada bagian udara bumi? Ini memang sebuah pertanyaan besar yang mungkin bisa terjawab oleh para ahli dunia di bidang tersebut beberapa tahun lagi atau masih menjadi misteri yang berkepanjangan.
Ada juga pendapat yang mengandung pertanyaan, misalnya, mungkinkah suatu saat nanti daratan-daratan di garis Katulistiwa akan berubah menjadi daratan yang kering seperti di Timur Tengah atau Afrika, dan mungkinkah daratan Afrika dan Timur Tengah menjadi bermusim empat seperti di Eropa, dan mungkinkah Eropa menjadi bermusim dua seperti daerah yang berada di garis katulistiwa? Dan yang terakhir adalah pertanyaan tentang akankah dengan terus terjadinya pencairan di daratan antartika ( benua es ) akan menyebabkan iklim kita bertambah panas? Semua pertanyaan-pertanyaan yang tidak pasti ini mungkin bisa terjawab dengan waktu yang terus berjalan atau dengan ilmu dan teknologi yang terus berkembang. Yang perlu kita kerjakan disaat ini adalah bagaimana agar setiap individu manusia berperan aktif merawat dan menjaga alam juga lingkungan di mana mereka bertempat tinggal. Misalnya dengan pelestarian tanaman (menghijaukan rumah dan lingkungan kita), membung sampah pada tempatnya dan mengelompokan sampah antara sampah organic dan non organic, mengurangi polusi udara dengan menjaga tinggat emisi gas buang pada kendaraan yang kita pakai, mengurangi dampak hasil dari limbah kimia atau lebih tepatnya mengolah limbah kimia tersebut agar tidak begitu berdampak negative pada alam kita ( tentunya dengan berbagai penemuan dan teknologi ilmiah).
Dimulai dengan mengikut sertakan diri kita sendiri untuk peduli dengan lingkungan hidup kita akan memberikan manfaat berguna yang tidak terukur dan apalagi jika hal positif tersebut terkolektifkan atau terjadi/dilakukan secara masal.
Selama hidup ini bumi adalah satu-satunya tempat kita tinggal, sepatutnyalah bahkan seharusnyalah kita merawat, menjaga dan memperbaiki keadaan bumi tercinta kita. Alam akan bersahabat bila kita baik pada alam kita. Semoga artikel di atas bisa mendorong kita untuk memulai melakukan tindakan aktif untuk menjaga dan merawat alam atau bumi tercinta kita ini yang dimulai dari keluarga dan lingkungan kita.
By. Irawan. http//:kreatifkerja.blogspot.com

1 komentar: