Sabtu, 17 April 2010

WISATA KULINER DI JEMBER

Kota Jember berpenduduk dengan beragam etnis budaya. Hal ini memungkinkan dengan sendirinya tercipta berbagai aneka menu atau jenis makanan dan jajanan dan bisa kita sebut kaya akan budaya Kulinernya.

Letak geografis Jember yang terdiri dari daerah berpantai dengan nelayannya yang menghasilkan ikan, daerah pertanian dengan berbagai product dari dataran rendah dan tinggi, juga sangat berpengaruh untuk menciptakan beraneka ragaman sajian kuliner dengan bahan-bahan yang selalu ada dan berinovasi. Di kota Jember akan dapat kita temukan dengan mudah berbagai menu makanan dengan jenis sama atau beragam tetapi dengan berbagai rasa. Dari jenis makanan sate, ada sate ayam, kambing, kerang, dll. Dengan tersedianya sumber daya alam yang lengkap dari laut akan

menciptakan berbagai menu ikan laut dan dengan berbagai rasanya yang gurih dan lezat. Belum lagi bila kita lihat dari latar budaya etnis yang memperkaya keanekaragaman menu makanannya, kerukunan dan pembauran budaya jawa, madura, kalimantan, sumatra dan dari pulau-pulau lainnya di nusantara ini menciptakan kekayaan kuliner yang luar biasa di Kota Jember. Berbagai macam product pertanian dan buah yang dihasilkan dari dataran rendah beriklim sedang dan tinggi beriklim sejuk/dingin yang ada di Kota Jember membuat bertambahnya lagi keragaman dan kekayaan kuliner di kota ini.

Dengan berwisata di pantai kita tetap bisa menikmati menu buah segar dan menu pantai, dan dengan berwisata di daerah dataran tinggi yang dingin dan sejuk di Kota Jember kita juga tetap bisa menikmati menu gurih ikan laut dan menu segar pegunungan, hal inilah yang membuat kota Jember memiliki keunggulan wisata daripada kota-kota yang lainnya.

By. Irawan

http://kreatifkerja.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar