Jumat, 02 April 2010

Tips MEMBUAT KERAJINAN DARI BATHOK / BATOK KELAPA

MEMBUAT BERBAGAI KERAJINAN DARI BATHOK / BATOK KELAPA

Producct kerajinan / Handicraft dengan bahan bathok kelapa sangat mudah kita dapatkan dan bisa diperoleh dengan harga murah, disamping itu bathok kelapa relatif kuat dan tahan lama tetapi mudah untuk di bentuk dengan alat pemotong seperti gergaji atau alat yang lain.

Alat-alat yang diperlukan di antaranya adalah : Ampelas/ mesin penghalus, Gergaji, Bor, Vernis/pelitur, cat warna ( bisa cat tembok atau acrylic), alat ukir, kuas, pelapis anti gores.

Dengan adanya peralatan tersebut di atas anda nantinya bisa terimprovisasi untuk mengembangkan bentuk dan model atau juga variasi penambahan/penggabungan bahan dasar bathok kelapa dengan bahan yang lainnya.

Standart urutan pembuatannya adalah sbb : Bentuk dulu bahan bathok kelapanya

sesuai dengan model kerajinan yang kita inginkan, haluskan permukaannya dengan alat penghalus, perindah modelnya dengan ukiran, cat atau polos, lapisi dengan vernis/plitur, lapisi lagi dengan anti gores, sabar dan telaten untuk menunggu proses pengeringan dan perhatikan kualitas product yang kita hasilkan.

Product yang kita hasilkan saat dalam proses bisa kita kombinasikan dengan bahan-bahan yang lain seperti percah kain bathik, tali dati serabut anyaman, rotan, dsb, bahkan bisa kita tempelkan pada tas kecil yang terbuat dari kain. Model yang bisa kita hasilkan di antaranya adalah : gelang, gantungan kunci, vas bunga, asbak , tas kecil, dompet, cepuk, tempat tissue, cangkir, gelas, dsb.

Semoga kreativitas kita bisa merubah dan memberikan nilai positif pada kehidupan kita.

By. Irawan.

http://kreatifkerja.blogspot.com

http://lukisan-77.blogspot.com



3 komentar:

  1. terimakasih mas irawan atas informasi kerajinan batok nya..
    oiya mas,saya mau tanya alat ukir batok.. krn saya mash menggunakan pisau biasa,jd kerja membuat ukiranya cukup lama.
    alat ukir yg seperti apa yg bisa mengukir batok dengan cepat.. terimakasih mas.
    khuboevw@gmail.com

    BalasHapus
  2. alat ukirnya memakai bor mengarah ke bawah, yang dipasang /dikaitkan pada alat bor duduk, jd kita cuman memutar-mutar batoknya saja.semoga membantu.

    BalasHapus
  3. Hasil kerajinannya menarik sekali, saya ingin sekali mencoba membuatnya.

    BalasHapus