Minggu, 02 Mei 2010

TIPS MEMBELI BUKU-BUKU BACAAN

Untuk mengerti dan mengetahui segala hal yang berguna secara mendalam kita memang harus banyak-banyak membaca. Jadikan hobi membaca atas dasar untuk menambah wawasan dan wacana hidup kita. Dengan membaca orang akan kaya ilmu, kaya wawasan, kaya kebijakan dan lebih jitu dalam menentukan keputusan.

Untuk mengetahui semua atau beberapa tempat beserta budayanya di seluruh dunia, bisa kita lakukan hanya cukup dengan membaca buku. Bahkan untuk memulai suatu perubahan dalam hidup kita, baik itu perubahan dalam bidang kerja, hubungan antar sesama, perubahan sarana tempat tinggal dan perubahan budaya hidup kita, bisa kita lakukan dengan tindakan yang baik dengan cara membaca buku terlebih dahulu. Buku, berisi pengalaman-pengalaman yang sangat berharga dari beberapa orang yang mereka tuangkan dalam tulisan mereka, dan orang bijak berkata ”pengalaman tidak bisa dihargai dengan nominal uang dan tidak bisa dibeli”. Jadi daripada kita mencoba sendiri segala sesuatu yang baru bagi kita dan penuh resiko, lebih baik kita menimba ilmu terlebih dahulu melalui buku yang berisi pengalaman-pengalaman manusia yang sangat berharga.

Berikut beberapa tips untuk membeli atau menentukan buku-buku bacaan yang kita minati :

  1. Jangan terpancang hanya pada ketebalan buku, buku yang baik tidak mesti tebal, bacalah seperlunya saja bagian-bagian buku tersebut, apakah cukup baik dan mengandung nilai-nilai yang kita butuhkan. Pilihlah buku tersebut jika memang muatannya baik dan berisi sesuai dengan yang kita butuhkan.
  2. Bandingkan beberapa buku dengan judul yang mirip untuk mengetahui kebaikan kandungan isi tulisannya.
  3. Kristislah dulu saat akan membaca buku, sehingga anda menemukan jawaban dari pikiran kritis anda.
  4. Usahakan memilih buku yang tidak bersambung isi materinya, tetapi dengan 1 buku saja memuat seluruh materi atau kebutuhan yang kita butuhkan.
  5. Khusus untuk buku non ilmiah, seperti novel, pilihlah bacaan yang bahasanya cukup bernilai sastra, penuh improvisasi, ceritanya jelas pada akhir ceritanya, penuh logika ( sedikit faktor kebetulan dan keberuntungannya), dan sedikit mempunyai kemiripan dengan buku-buku yang lain.
  6. Banyak buku ditulis dan diterbitkan dari beberapa orang yang berbeda dengan isi atau kandungan buku yang mempunyai banyak kemiripan, untuk itu kita di tuntut untuk benar-benar selektif memilihnya.

7. Untuk buku bacaan pengetahuan umum, pilihlah buku yang memberikan banyak tips dan trik atau rahasia-rahasia dari pengetahuan umum yang dijelaskan tersebut yang diambil dari pengalaman pribadi penulisnya. Karena memang banyak buku-buku pengetahuan umum yang sifatnya general atau common dan kurang memberikan masukan yang bermanfaat. Masih banyak penulis-penulis hebat yang tulisan-tulisannya sangat bermanfaat bagi kita, dan puaslah kita bila kita bisa memiliki buku-buku karya mereka.

Selamat menggeluti hobi membaca yang memang sangat bermanfaat dalam kehidupan kita di saat ini dan masa yang akan datang. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat bagi kita.

By. Irawan

http://kreatif kerja.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar