Senin, 27 September 2010

Membuat Kerajinan Cincin Unik dari Batok Kelapa


How to make unic ring from coconut shell ( antique handicraft ), Sebenarnya pada batok kelapa terdapat hal-hal yang penuh manfaat bila kita olah, kita proses dengan ketelatenan dan kreatifitas yang tinggi akan bisa terciptakan produk-produk souvenir atau handicraft yang sangat cantik, unic menarik dan penuh dengan nilai seni. Salah satu produk handicraft atau barang seni yang bisa kita hasilkan dari batok kelapa adalah cincin. Membuat cincin dari batok kelapa tidak memerlukan bahan yang banyak, hanya dengan beberapa pecahan batok kelapa kita sudah bisa menghasilkan beberapa cincin yang unic dan banyak diminati di pasaran. Cara membuat cincin dari batok kelapa adalah sbb:

- Dari pecahan batok kelapa yang ada kita bersihkan dulu pemukaan atas dan bawahnya sampai halus dengan menggunakan alat yaitu kikir, ampelas kasar untuk proses penghalusannya dan untuk mengkilapkannya kita gunakan ampelas halus.

- Kita buat atau kita jadikan dulu mata cincin, dengan bentuk atau pola lingkaran, persegi panjang, oval, bujur sangkar, model hati ( heart model ), dll. Usahakan mata cincin kita buat 2 lapis,

lapisan dasar yang berukuran agak lebar dan lapisan atas yang berukuran agak kecil yang kedua lapisan tersebut harus berbeda warnanya. Perbedaan warna tersebut berasal dari warna batok kelapa yang kita pilih. Ada batok kelapa yang berwarna krem atau coklat muda dan ada yang berwarna gelap – coklat tua. Setelah pecahan batok tersebut terlihat halus dan mengkilap, barulah kita bentuk dengan menggunakan gergaji triplek ataupun mata bor yang berbentuk lingkaran. Untuk merekatkan ke-2 lapisan tersebut bisa kita gunakan lem castol, alteco ataupun resin. Ukuran diameter dari mata cincin tersebut tidak perlu lebar, cukup 1 cm -1,5 cm atau berdasar pesanan.

- Selanjutnya kita buat lingkaran jari cincinnya dengan menggunakan alat gergaji triplek ataupun mata bor bulat, yang hasilnya harus kita perhalus lagi dengan ampelas. Untuk sisi yang akan tertempel pada mata cincin kita pipihkan terlebih dahulu sesuai dengan dasar mata cincin, kemudian kita rekatkan. Proses perekatannya tetap meggunakan perekat tersebut diatas.

- Hasil akhir bila kurang halus atau mengkilap , bisa kita semprotkan dengan cairan anti gores.

Demikian cara membuat cicin unik, indah dan menarik juga penuh dengan nilai artistic yang tidak membosankan dari batok kelapa, semoga artikel tersebut bisa bermanfaat bagi pembaca dan bisa memberikan peluang usaha atau wirausaha baru di bidang handicraft. Semoga sukses.

By. Irawan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar