Senin, 27 September 2010

Menghijaukan Kota dengan Mini Taman Kota, Miny Garden at Down Town or Center Town

Menghijaukan kota ( green city ) agar telihat lebih asri, indah, sejuk dan nyaman bukan hanya dengan meletakkan konsep penghijauan berupa pengembangan taman kota di sekitar alun-alun kota saja ataupun di pertengahan pemisah jalan raya saja, tetapi bisa diwujudkan dengan menciptakan taman tersebut ( berupa taman mini lengkap dengan kursi panjangnya ) di sekitar trotoar atau area parker di sekitar toko-toko besar, swalayan , ataupun di rukan-rukan ( rumah kantor ), ruko ( rumah toko ) bahkan di tempat pemberhentian angkutan kota / halte-halte.

Dengan format penciptaan berupa taman yang berukuran kecil/mini dengan disertakan pula kursi panjang sebagai tempat duduk/beristirahat. Bisa kita bayangkan bila hal tersebut bisa terwujud di dalam kota yang terlihat sesak, sibuk, dan penuh dengan asap kendaraan bermotor, dengan demikian akan tercipta suatu pemandangan yang lebih menyejukkan, dan memperindah suasana kota. Dan tentunya penciptaan taman mini – taman mini tersebut bukan hanya di dalam kota saja tetapi juga meluas dan berkembang di pinggiran kota. Dampak positif yang lain adalah bisa lebih menyegarkan udara kota, membentuk psikis / karakter penghuni kota untuk lebih berbudaya mencintai keindahan, ketertiban, memperindah tata kota dan menciptakan rasa ketentraman, memberikan rasa refresh bagi orang-orang yang sibuk dan berlalu lalang di dalam kota.

Semoga kota-kota hijau kita di Indonesia lebih banyak terbentuk untuk membuat suasana kota yang lebih segar, sejuk, damai dan bersahabat.

By. Irawan.

2 komentar: