Senin, 27 September 2010

Menciptakan, Membangun, Mengembangkan Daerah Wisata di Jember

Sebenarnya daerah kunjungan wisata / Tourism Places, bisa dibangun atau diwujudkan meskipun dengan konsep awal yang sederhana dan terus dimajukan seiring dengan perjalanan waktu. Tentunya hal ini harus mendapat dukungan dari fihak pemerintah setempat dan departemen terkait juga masyarakat sekitar. Pada umumnya masyarakat sekitar kemungkinan besar akan mendukung penciptaan daerah wisata seperti tersebut asalkan mereka diikutsertakan untuk mengisi, melaksanakan dan menjaga daerah wisata yang akan didirikan tersebut, yang notabene sebenarnya bertujuan untuk membangun lapangan kerja baru sekaligus untuk mendapatkan tambahan pendapatan bagi pemerintah daerah.

Konsep sederhana ( simple plan ) tapi pasti yang dapat dibangun atau diwujudkan misalnya

memperbaiki jalan-jalan beraspal menuju daerah wisata tersebut dengan memperlebar jalan tersebut juga memberikan tempat parkir yang luas di sepanjang perjalanan menuju daerah wisata tersebut. Tujuan tempat parker tersebut adalah untuk tempat peristirahatan bagi para pelancong, pengunjung wisata, dimana di tempat parkir/peristirahatan tersebut disediakan tempat-tempat untuk beristirahat, seperti tempat makan/cafeteria/ kantin, tempat berjualan handicraft/souvenir dan tempat ibadah yang ditata sedemikian rupa dengan taman mini- taman mini di dalamnya.

Untuk daerah Jember tempat yang bisa diwujudkan untuk tempat wisata misalnya di daerah jalan berbelok-belok di daerah Jember timur yaitu Daerah Kumitir, Jalan menuju Puncak Rembangan, daerah yang menuju pantai Canga’an, ataupun daerah yang menuju air terjun 7 bidadari. Seandainya di daerah-daerah tersebut jalannya diperlebar dan di beri beberapa tempat parkei untuk peristirahatan di beberapa sisi kanan kiri jalan menuju daerah tersebut dengan konsep bahwa di dalam tempat peristirahatan yang cukup lebar tadi telah disediakan beberapa tempat untuk makan, beribadah, tempat souvenir dan handicraft product daerah, beberapa sangkar burung yang agak besar dengan beberapa burung atau unggas di dalamnya dan taman-taman kecil untuk melengkapi keindahan tempat-tempat peristirahatan tersebut, bahkan bila perlu di buat sungai kecil untuk tempat memancing/ pemancingan mini.

Sungai di sebelah kiri jalan di sepanjang daerah Curahmalang menuju kecamatan Balung, kemungkinan juga bisa dijadikan tempat wisata, dengan cara membersihkannya tempat tersebut terlebih dahulu, membuat perahu-perahu kecil yang unik dan penuh warna, juga adanya tempat untuk melihat pemandangan sungai yang berupa tempat untuk makan dan minum, dan bila perlu bisa sebagai tempat pemancingan untuk jenis ikan-ikan tertentu. Tentunya masyarakat harus diikutsertaskan untuk memelihara dan mengembangkabn tempat-tempat tersebut juga untuk selalu menjaga kebersihan tempat-tempat tersebut. Kemungkinan dengan demikian bisa meningkatkan volume arus wisatawan domestic juga manca Negara ke kota Jember, yang tentunya harus dikemas dan dipromosikan dengan apik untuk bisa lebih menarik wisatawan untuk berwisata / liburan di kota jember dan tentunya juga bisa mengurangi penganguran juga memberikan obyek baru pendapatan bagi masyarakat sekitarnya. How to make value of our tourism places more better than before.

Semoga wacana tersebut diatas memberikan semangat dan kemajuan untuk membuat Kota Jember semakin maju dan berkembang.

By. Irawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar