Sabtu, 10 Desember 2011

MERUBAH DESA MENJADI OBJEK WISATA YANG HANDAL

Daerah/tempat wisata merupakan objek yang dapat memberikan tambahan pendapatan bagi penduduk di sekitar tempat wisata tersebut pada khususnya, bagi pemerintahan daerah dan pusat pada umumnya. Bagi penduduk desa, dampak positif yang langsung mereka dapatkan adalah :

#Akan terjadinya peluang membuka usaha –usaha baru yang berhubungan dengan format daerah wisata tersebut

#Dapat memberikan peningkatan peluang menjadi tenaga kerja di tempat wisata tersebut

#Akan semakin banyaknya terjadi perputaran uang dari pengunjung wisata pada daerah wisata tersebut dan pada penduduk sekitarnya, baik itu pada bidang transportasi, akomodasi ataupun konsumsinya, serta aksesories kerajinan yang bisa ditawarkan pada pengunjung wisata.

Ada beberapa ide/wacana atau masukan bagaimana menjadikan desa menjadi tempat wisata yang produktif, menarik dan berkembang , diantaranya dibutuhkan beberapa perubahan kreatif sbb:

#Membentuk wisata berobjek air, yaitu dengan memperindah sungai-sungai kecil yang telah ada ataupun membuat sungai baru dengan memunculkan sumber mata air baru. Pembentukan sungai-sungai tersebut diusahakan tidak lebar dan tidak dalam juga sebaiknya dibuat menjadi bercabang-cabang dan berkelok-kelok. Di setiap jarak tertentu dibuatkan kolam untuk tempat pemancingan dan pemandian dangkal berdasar batu-batu alam. Untuk lebih memperindak view dari sungai-sungai kecil tersebut bisa dibuatkan beberapa air terjun mini (mini water fall) dengan dekorasi natural/alami misalnya dengan menanamkan beberapa pohon-pohon di sekitar sungai tersebut serta diberinya ikan-ikan hias di sungi-sungai kecil tersebut. Tentunya konsekuensi logis dari pembukaan sungai wisata ini adalah harus selalu terjaga kebersihannya dari sampah-sampah, juga harus bersih terbebas dari pencemaran.

#Memperindah/mempercantik tampilan sawah-sawah atau ladang-ladang di sekitar sungai wisata, misalnya dengan cara menanami beberapa jalan sawah dengan pohon-pohon kelapa, palem, dan gubuk-gubuk sederhana serta beberapa kincir-kincir angin tradisional.

#Untuk desa yang mempunyai daerah pantai, akan semakin lengkap pembentukan tempat wisatanya dengan cara mengalirkan sungai-sungai yang ada atau sungai-sungai buatan tersebut berkelok-kelok menuju lepas pantai. Kelokan menuju pantai dibuat lebih banyak hingga terkesan air sungai tidak langsung lurus kea rah laut.

Negara kita kaya akan sumberdaya alam dan panorama indahnya, dan bila dua kelebihan tersebut kita olah dan dikembangkan secara baik dan profesional tentunya akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat kita. Dan salah satu yang bisa dijadikan asset yang menarik adalah tempat-tempat wisata, yaitu desa, dimana negara kita tercinta ini memiliki banyak alam desa yang indah dan sangat diminati oleh para wisatawan mancanegara ataupun local.

Demikianlah uraian tulisan saya semoga bisa memberikan masukan demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat, negara yang kita cintai ini.

By. Irawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar