Kamis, 15 Desember 2011

PENANGKARAN/BUDIDAYA BURUNG KENARI Bag.II


(Breeding Canary Bird Part II)

Pada ulasan bagian I terdahulu kita membahas berbagai hal dalam pengembangbiakan/penangkaran burung kenari. Dan pada ulasan bagian II ini, kita akan membahas tentang perawatan/pembesaran burung kenari. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan burung kenari adalah sbb :

# Perlu diperhatikan kebersihan sangkar, kebersihan pakan dan kebersihan minum.

#Menu pakan harus tetap terjamin dan perlu penambahan pada saat anakan burung mulai menetas sampai masa pertumbuhan anakan selama 7 bulan kedepan. Hal ini diharapkan untuk mendapatkan bentuk fisik anakan yang sehat dan besar.

#Melakukan penjemuran pada anakan burung yang telah mandiri/bisa makan sendiri juga pada indukan yang akan dijodohkan di pagi hari selama ½ - 1 jam

#Sayuran yang diberikan untuk burung kenari hendaknya dicuci dahulu dan bila sayuran itu dari dalam kulkas hendaknya juga didiamkan dahulu agar tidak terlalu dingin.

#Saat proses menetas terjadi, persiapkan menu tambahan seperti susu bubuk dan tepung roti yang harus diganti setiap hari dengan tanpa mengurangi menu sebelumnya.

#Jika ada gejala burung kenari sakit, hendaknya burung tersebut diasingkan/diisolasi dari burung-burung yang sehat lainnya. Yang perlu diperhatikan dalam perlakuan burung yang sakit adalah : berilah pakan yang bersifat lunak seperti telur puyuh dan tetap sediakan pakan biji-bijian,

berilah obat pada minumannya untuk jenis obatnya bisa ditanyakan di took-toko pakan burung dan air tersebut harus diganti setiap hari, dan lakukan penjemuran di pagi hari selama ½ jam.

#Bila mempunyai indukan jantan dan betina dengan jumlah yang sama sebaiknya jangan dipisahkan saat betinanya mulai mengerami telurnya, biarkan sampai menetas dan terus sampai anakan bisa makan sendiri, setelah itu pisahkan dari anakannya, dengan catatan indukan jantan dan betina tersebut juga harus dipidahkan untuk sementara ( kurang lebih 1-2 minggu untuk memulihkan kesehatannya). Dan bila indukan jantan lebih sekit dari indukan betina, indukan jantan bisa dipisahkan dari betina untuk mengawini betina yang lain pada saat anakan burung berumur 2 minggu dari proses menetas. Tetapi sebaiknya indukan tetap disatukan sampai anakan bisa makan sendiri dan setelah itu pejantan bisa di kawinkan (mating) dengan betina lainnya.

Demikianlah ulasan penangkaran burung kenari bagian II, semoga berguna bagi pembaca. Lebih kurangnya wacana diatas, saya mohon ma’af. Dalam menangkarkan kenari diperlukan kesabaran, ketlatenan dan yang utama adalah do’a. Selamat mencoba dan semoga sukses… amin.

By. irawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar