Kamis, 16 Desember 2010

BERBUAT BAIK pada LINGKUNGAN dan ALAM SEKITAR

Alam diciptakan oleah Tuhan Yang Maha Esa untuk kebutuhan manusia bumi ini, dan seiring dengan berjalannya waktu, permasalahan alam semakin kompleks akibat dari perkembangan manusia, baik dari sisi kuantitasnya ataupun perkembangan kebutuhan dan sarana bagi manusianya. Berbagai jenis sarana, barang di produksi oleh manusia dengan berbagai bentuk dan bahan, baik bahan yang sulit untuk dicerna oleh alam ataupun bahan yang mudah dicerna oleh alam. Dampak negatifnya mulai dirasakan oleh umat manusia, misalnya akibat polusi udara yang bisa menyebabkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan, sulitnya mendapatkan sumber air bersih, polusi tanah akibat limbah dan sampah, dsb.

Sebenarnya alam akan memberikan berbagai kebaikannya kepada umat manusia bila kita umat manusia juga ikut menjaganya, memeliharanya dan melestarikannya. Sebagai contoh bentuk molekul air yang diteliti oleh orang Jepang Masaru Emoto yang menjelaskan

bahwasannya bentuk dasar air akan berbentuk heksagonal (segi enam ) yang indah, berkilau dan menakjubkan bila memberikan kata-kata yang baik dan berterimaksih pada air tersebut. Dan begitu pula sebaliknya, akan tidak berbentuk bila kita memberikan kata-kata yang tidak baik (dari buku karya Masaru Emoto yang berjudul The True Power of Water). Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga alam ini sebagai wujud rasa syukur kita Kepada ALLAH SWT. Adalah :

@ Membiasakan diri sendiri untuk tidak hidup dengan berlebih-lebihan.

@ Membudayakan hidup cinta alam pada diri sendiri, keluarga dan lingkungan kita.

@ Biasakanlah menyediakan dua tempat sampah di rumah kita, satu untuk sampah organic yang nantinya bisa kita pendam di lubang tanah pekarangan rumah, dan tempat sampah non organic.

@ Saat kita di perjalanan usahakan untuk tidak membuang sampah di jalan, dan bila kita menemukan batu-batuan terserak di tengah jalan sebaiknyalah kita meminggirkannya.

@ Bila kita berada di tempat wisata, baik itu di pantai, gunung, atau tempat wisata lainnya, usahakan membawa kantong plastic untuk tempat sampah dan bila kita menemukan sampah di jalan wisata tersebut, pungutlah sampah-sampah itu, kebiasaan ini sering kita temukan pada wisatawan manca negara yang berkunjung ke Negara kita.

@ Bila kita di alam luas dan menemukan beberapa area lahan yang gersang atau sedikit terdapat tanaman, budayakan untuk menanaminya dengan potongan ranting-ranting kecil untuk kita tancapkan ke tanah yang jarang tumbuhannya tersebut.

@ Tetaplah untuk selalu aktif untuk menjaga kelestarian lingkungan alam kita, bila kita di perairan pantai, cobalah untuk tidak ikut-ikutan merusak terumbu karang yang ada, membersihkan sampah di perairan pantai dan memberikan pengertian pentingnya pelestarian alam pada keluarga kita dan sahabat-sahabat kita.

Marilah kita bersama-sama berperan aktif sejak dini untuk melestrikan dan menjaga lingkungan alam Indonesia ini, agar Indonesia tetap hijau, sejuk, sehat dan indah. Semua kebaikan pada alam tersebut manfaatnya akan kembali pada kita.

By. Irawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar