Kamis, 02 Desember 2010

MEMELIHARA KELESTARIAN SEMUA JENIS HEWAN DI INDONESIA Untuk PENINGKATAN PARIWISATA DAN PEREKONOMIAN PADA UMUMNYA.

Indonesia memang merupakan Negara kepulauan, dan dengan sendirinya letak geografis yang demikian luasnya ini memperkaya keanekaragaman jenis hewan di darat ataupun di perairan air tawar dan laut.

Pemerintah kita memang mempunyai beberapa tempat suaka perlindungan alam untuk beberapa jenis hewan dan tumbuhan, tetapi masih perlu perhatian dan pengembangan lebih untuk mempertahankan dan mengembangkan asset di dalamnya. Juga kita telah banyak memiliki kebun binatang-kebun binatang di banyak kota besar, tetapi dengan keterbatasan luas yang belum bisa mewakili pengembangan populasi hewannya. Banyak perspektif di masyarakat akan keinginan masyarakat untuk bisa terbangunnya banyak tempat yang berorientasi sebagai tempat pengembangbiakan (breeding / penagkaran) dan pelestarian untuk semua jenis hewan yang ada di negara kita, jadi bukan hanya kebun binatang saja, tetapi suatu taman, sauna, atau area yang dikhususkan untuk perkembangbiakan semua jenis hewan di negara kita ini. Yang pada intinya bertujuan untuk sesalu menyuplai keseimbangan volume populasi hewan yang semakin berkurang baik jenis ataupun jumlahnya. Misalnya dengan melepaskan hasil penangkaran hewan kita ke alam bebas atau ke daerah ekosistemnya dan atau memberikan perluasan pula pada kebun binatang yang telah kita miliki.

Pelestarian fauna kita, bisa juga dilakukan dengan mencanangkan program penangkaran di tiap-tiap kabupaten yang digunakan untuk kepentingan dan pelestarian fauna di daerah kabupaten itu juga. Karena sebenarnya dengan adanya perspektif positif masyarakat yang demikian ini dengan sendirinya bisa meningkatkan value dalam arti yangluas ke depannya dan akan pula berdampak positif di bidang ekonomi kita, baik dari sisi pariwisata, ataupun mungkin nilai jual (sesuai dengan peraturan pemerintah) dari semua jenis hewan yang ada di Negara kita yang biasanya negara lainpun berkeinginan untuk memilikinya bahkan melestarikannya.

Pemberbanyakan tempat-tempat penangkaran pengembangbiakan hewan tersebut bisa dilakukan oleh pemeintah sendiri, atau juga bisa bekerjasama antara pemerintah dengan pihak swasta, bahkan mungkin juga kerja sama pemerintah kita dengan perserikatan bangsa-bangsa ataupun organisasi fauna di dunia internasional. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut diatas diberlakukan juga pada jenis flora yang ada di negara kita ini. Tidak bisa kita bayangkan besarnya devisa yang akan kita raih bila sector kekayaan fauna kita bisa mendatangkan begitu banyak turis mancanegara.

Dengan wacana tersebut marilah kita berupaya untuk lebih peka dan berkontribusi aktif untuk turut serta memelihara pelestarian flora dan fauna yang berlimpah keanekaragamannya dan yang telah dianugrahkan oleh Sang Maha Pencipta pada negara kita ini ( sebagai rasa syukur PadaNYA) demi kebaikan bangsa kita sendiri pada khususnya dan alam bumi inio pada umunya.

By. Irawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar