Kamis, 02 Desember 2010

IDE-IDE WIRA USAHA KREATIF YANG DIDAPAT DARI BERBAGAI SUMBER MEDIA MASA, BAIK MEDIA CETAK, ELEKTRONIK ATAUPUN MEDIA ON LINE.

Beberapa informasi ide-ide kreatif berwirausaha yang dapat penulis kumpulkan adalah sbb:

- TAS JINJING berbahan anyaman plastic, Rajutan pelepah daun pisang, Kain percah, kain goni, potongan kain jeans, kain blaco ataupun gabungan kulit hewan.

Kombinasi untuk mempermanis ide diatas adalah dengan : hiasan dari biji-bijian yang ditempelkan, lukisan atau batik, guntingan kain percah dengan motif boneka dan tumbuhan, batok kelapa, bamboo, kayu, dsb.

- MINIATUR, bisa berupa miniature : hewan, rumah adat, sangkar, alat musik, alat olah raga, rombong jualan, perahu, mobil dan motor, furniture, alam atau kolam, bunga, dsb.( bahan perekat : lem bakar, resin, lem kayu, dsb)

Bahan yang bisa digunakan dari : bamboo, kayu, batok kelapa, rotan, kerang laut, batu-batuan kerikil, kertas bekas, dsb

.

- PIRING HIAS, bisa dari piring kaca atau beling, cobek/cowek (kayu, batu), tanah liat, pasir yang dibentuk piring bercampur resin, dsb.

Modifikasi hiasannya berupa hiasan berbentuk Kaligrafi, pemandangan alam, gambar perahu-gembala, bunga, boneka/kartun, yang berbahan dari : Cat Opaque Coates, Cat Transparent Vetro atau timbul cat acrylic, tempelan pasir berwarna, pecahan batok kelapa, serbuk kayu, biji-bijian, kerikil warna, dsb. .( bahan perekat : lem baker, resin, lem kayu, dsb)

- GENTONG KOLAM IKAN, Bahan : gentong yang dipecah sisi sampingnya dengan ukuran lebar lobang 1/3 ukuran utuh. Bahan tambahan : pecahan batu bata, genteng, batu kerikil, semen, tumbuhan air alami atau plastic, pompa air kecil, ikan hias kecil, bola lampu kecil, cat warna alami.

Model yang bisa diterapkan didalamnya adalah : kolam ikan air terjun berlapis, jembatan dsb. .( bahan perekat : lem baker, resin, lem kayu, dsb)

- MODIF BUSANA MUSLIM. (meningkatkan nilai jual). Bahan barang jadi ataupun setengah jadi busana muslim polos yang dilukis dengan cat timbul acrylic (kental), dengan bentuk batik, grafis abstrak atau campur dan diletakkan pada posisi yang artistic unic dan tidak umum di busana muslim tersebut.

- GANTUNGAN KUNCI. Berbahan dan terbentuk dari cetakan resin yang di dalamnya dapat diisi hiasan dari model clay (semacam malam), hewan-hewan kecil (serangga, ikan,dsb), daun-daunan, tumbuhan kecil-kecil, goresan-goresan warna, dsb.

- LAMPU GANTUNG, LAMPU DUDUK, LAMPU DINDING. Berbahan kayu, bamboo, batok kelapa, pecahan kaca, rangkaian biji-bijian, rangkaian kulit kayu, rajutan abstrak rotan, rangkaian daun-daunan yang dilapisi resin, bola lampu, kabel, dsb.

- GELANG, CINCIN DAN KALUNG. Berbahan : untaian modif bamboo, batok kelapa, tulamg, batu alam, biji-bijian, tulang hewan, rotan, resin, dsb.

- BINGKAI PIGURA, JAM DUDUK, TEMPAT FULPEN. Berbahan : kayu, pasir warna, kerang laut, daun-daunan kering, batok kelapa, bamboo, rangkaian batu kerikil, rotan, serbuk kayu, kertas bekas, dsb.

Semoga ide-ide kreatif untuk ber-wirausaha tersebut diatas bisa menambah wacana dan memberikan manfaat bagi para pembaca, dan tentunya ide-ide tersebut harus dilakukan dengan sabar, tlaten, ulet dan usahakan dengan menggunakan bahan-bahan bekas terlebih dahulu, selamat mencoba dan semoga sukses, amin.

Sumber wacana : berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar