Senin, 24 Agustus 2009

MENANAM TANAMAN HIAS/BUNGA / FLOWER yang BERNILAI JUAL DI POJOK RUMAH (LAHAN yang TIDAK/KURANG TERMANFAATKAN) DENGAN MODAL KECIL



  • Sering kita dapati di halaman rumah kita terdapat lahan yang dipakai/ditanami oleh tanaman/bunga yang umum atau kurang memiliki nilai komersil, atau juga sering pada halaman rumah / our garden kita tersebut ada lahan yang tidak terpakai atau termanfaatkan. Dan teramat sayang bila kita tidak memanfaatkannya untuk sesuatu yang berguna dan menghasilkan nilai komersil.
    Suatu misal, di halaman ruamah kita, kita mempunyai sedikit lahan yang tidak/kurang trmanfaatkan seluas kira-kira 1x 2 m² untuk kita tanami atau kita rubah menjadi tempat untuk membudidayakan suatu jenis tanaman hias
    atau bunga, yang mana bentuk karakteristik tanaman tersebut tidak begitu besar dan mempunyai nilai jual/komersil / value yang lumayan. Sebagai contoh adalah tanaman hias/bunga jenis “sansivera”. Tanaman hias jenis ini tidak begitu memerlukan perawatan yang begitu intensif dan rumit, asal kita memahami saja dasar-dasar dari sifat pertumbuhan dari tanaman hias tersebut.
    Secara umum langkah-langkah untuk membuat atau menanam jenis bunga sansivera di lahan yang terbatas di halaman rumah kita adalah :
    1. Siapkanlah lahan yang akan dipakai, lebih tinggikan lahan tersebut dari permukaan tanah di sekitarnya kira-kira 20 s/d 25 cm. Dan media lahan tersebut terdiri dari 30% pasir, 50% tanah dan sisanya pupuk kandang atau humus (kondisi lahan harus tetap gembur). Dan di atas lahan buatlah tudung dari plastic berwarna gelap, yang tingginya kira-kira 1- 1,5 m dari permukaan lahan tersebut.
    2. Tanaman ini hanya sedikit memerlukan air, suasana atau kondisi yang sesuai untuk pertumbuhannya cenderung di iklim yang agak kering. Jadi saat musim kemarau siramilah tanaman tersebut 1 kali saja di siang atau sore hari (jangan terlalu basah), dan buatlah galian di sekitar lahan tersebut sebagai tempat aliran air saat musim hujan / rainy season.
    3. Pilihlah tanaman jenis sansivera yang tidak umum, dalam artian tidak mudah didapat Jadi kita usahakan menanam jenis sansivera yang unik dan agak/lumayan langka, karena jenis yang demikian ini akan mempunyai daya jual atau nilai komersil yang lebih baik, tentunya dengan konsekuensi sedikit lebih mahal. Kita tidak perlu membeli banyak sansivera, cukup 2 atau 3 saja.
    4. Tanamlah agak berjauhan, dan bila telah muncul tunas atau beranak, setelah 1-2 bulan pisahkan anakkan tersebut, begitu seterusnya.
    5. Selamat mencoba membudidayakan / breeding sansivera jenis unik dan menarik di halaman atau pojok rumah kita dan semoga bisa memberikan penghasilan tambahan bagi kita.
    By Irawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar