Senin, 24 Agustus 2009

TIPS MEMASANG ALAT PENDINGIN/VAN/ KIPAS DI DALAM KOMPUTER DESKTOP PC.


Komputer PC Desktop kita bila telah memasuki masa pemakaian yang cukup lama biasanya mulai mengalami beberapa masalah, seperti hang, restart, dsb. Hal ini bisa terjadi karena kerusakan pada system software programnya (perangkat lunak) atau karena hardwarenya (perangkat keras). Bila karena softwarenya kebanyakan cara mengatasinya dengan install ulang, dan bila karena hardware/ komponen perangkat kerasnya, biasanya terjadi pada titik-titik soderan pada main board yang mulai agak goyang atau hardisk yang trouble karena panas. Dalam masalah hardware, berikut ada beberapa cara agar computer desktop kita menjadi lumayan awet :
1.Pilihlah chasing desktop kita yang memiliki lubang-lubang ventilasi cukup banyak, usahakan harus ada di sisi kanan dan kiri chasing, juga pada bagian bawah chasing.

2.Letakkan van/kipas pendingin pada komponen-komponen terpenting di dalam PC, seperti pada bagian mainboard dan hardisck.
3.Posisikan agar penempatan van/kipas pendingin tersebut fungsinya maksimal untuk mendinginkan PC sekaligus membersihkan PC dari debu. Dengan demikian kita memang perlu memasang beberapa van/kipas dalam PC (sesuaikan dengan besarnya daya Power Supply). Jadi usahakan posisi van tersebut membuat debu-debu tidak tersangkut atau diam di dalam PC tetapi tersedot dari dalam PC dan dikeluarkan melalui lubang-lubang ventilasi pada chasing( jadi arah tiup dan hisap dari tiap-tiap van harus urut).
Semoga tips sederhana terswbut diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi kita, dan untuk kurang lebihnya saya mohon ma’af.
By Irawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar