Kamis, 13 Agustus 2009

TIPS BERDAGANG - BUSINESS dari NEGERI BAMBU

Jujur dan ikhlas saat melakukan dagang
Mewujudkan rasa kepercayaan dan keakraban pada pelanggan, baik pelanggan kecil atau besar ataupun pelanggan baru atau lama
Memberikan pelayanan yang terbaik ( best service )
Tidak boleh menuruti perasaan dan kehendak sendiri, jika ada masalah pada saat itu atau terjadi sircumstansies yang berbeda
Berusaha memenuhi semua permintaan pelanggan
Bermuka manis dan kaya akan senyum,

Mnghindari sikap emosi terhadap pelanggan
Memperlakukan pelanggan sebaik mungkin, karna sebenarnya merekalah bos pedagang
Menghilangkan sikap sombong dan angkuh
Rajin bekerja keras dan mengulurkan bantuan tenaga dan pikiran
Terus belajar dari segala bentuk pembelajaran meski sudah menjadi pedagang yang mapan dan sukses
Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dalam konteks system ritel dengan mengantarkan produk yang diperdagangkan ke tempat pelanggan
Tidak pernah ragu dalam menjawab semua pertanyaan pelanggan, sering menggunakan kata “ya” atau bila tidak mengerti gunakanlah kata “kemungkinan besar’
Berusaha untuk lebih dan lebih mengenal segalanya tentang produk yang didagangkan, mengikuti arus dan era perkembangan perdagangan
Lebih banyak mengerti dan selalu tahu perkembangan issue dan segala aspek social, ekonomi dan politik yang sangat berpengaruh pada langkah bisnisnya
Menjadikan pelanggan sebagai sahabat sehingga pelanggan punya rasa keterikatan lebih daripada sebuah pemenuhan bentuk kebutuhan hidup
Membudayakan keharusan bangun pagi2 karna semua sisi kebutuhan hidup diawali di pagi hari
Memberikan pelayanan yang cepat, lengkap, dan memuaskan pelanggan tanpa pelanggan harus menunggu lama
Menghindari sifat reaktif yang terburu-buru tanpa menelaah bentuk keberhasilan ataupun bentuk permasalahan yang sedang dihadapi
Selau menunjukkan kepada pelanggan bahwa pedagang adalah orang yang bertipe pekerja keras
Selalu bisa menciptakan suasana ceria dan sistematis saling mendukung dalam suasana kerja
Mengisi setiap ruang dengan sesuatu yang berhubungan dengan objek kerja
Membiasakan disiplin dan tegas yang bijak dalam praktek etos kerjanya
Mengatur manajemen keuangan yang berhubungan dengan modal sesavety mungkin dimana tidak terlepas dengan tujuan kepentingan development usahanya
Harus bisa membedakan keuntungan jangka panjang dan keuntungan jangka pendek, tentunya juga harus mengerti arti kerugian jangka panjang dan jangka pendek
Pendapat bawahan, employer, adalah ujung tombak informasi bisnisnya, dimana narasumber informasi tersebut berasal dari pelanggan / customer
Tepat waktu dan tepat janji pada semua hal yang berhubungna dengan dunia usahanya
Memperbaharui segala strategi pelayanan dan juga kualitas baik berupa adanya discount ataupun hadiah berupa gift penambahan point ataupun hadiah langsung pada para pelanggan
Membuang segala bentuk teknik penipuan karna kepercayaan adalah modal yang selau bertambah tanpa bisa diakumulasikan valuenya
Berusaha untuk menyalahkan diri sendiri bila terjadi kerugian agar lebih bijak lagi menentukan langkah ataupun strategi bisnis berikutnya.
Semoga bermanfaat.
(narasumber : berbagai buku - wacana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar