Jumat, 13 November 2009

Dapat Rupiah dengan Kreasi Sepatu Lukis

Lagi ngetrend dikalangan remaja terutama tampil dengan sepatu lukis kanvas. Kenapa kanvas ? karena jenis sepatu ini memiliki bidang yang polos yang memungkinkan si pelukis untuk berkreasi di sepatu. Anda tertarik dengan sepatu lukis ? bahan-bahannya nggak sulit koq, pilihan cat untuk melukis sepatu juga banyak dijual. Kebanyakan yang digunakan adalah cat akrilik selain tahan luntur juga warnanya bervariasi kita bisa

memilih warna dari yang ngejreng sampai yang soft.
Desain sepatu lukis yang sekarang marak di internet kebanyakan figure kartun, selain lucu-lucu juga warna yang ditampilkan beraneka. Anda juga bisa berkreasi dengan sepatu lukis ini. Cara membuat sepatu lukis seperti berikut :
Bahan yang diperlukan :
1. Sepatu Kanvas Polos, yang banyak di pasaran kebannyakan putih dan hitam.
2. Alat Lukis/gambar :
• Cat : Yang praktis adalah akrilik dengan pengencer air, anda juga bisa mencoba jenis cat lainnya.
• Kuas : harus tersedia yag kecil untuk membuat outline, dan yg sedang untuk bidang yang agak luas.
• Pallet : untuk mencampur warna.
• Pensil untuk sketsa di sepatu.
• Obyek design. Ide bisa didapat dari majalah, internet atau kreasi sendiri.
• Peralatan lain ( penghapus,tempat cuci kuas, lap dll)
http://agoes-studio.blogspot.com/2009/03/kreasi-sepatu-lukis.html

Yang Dibutuhkan untuk Melukis Sepatu Kanvas.
1. sepatu, yang sering di pakai dalam melukis sepatu biasanya jenis kanvas, walaupun sebenarnya dari serat nilon (atau apa namanya) itu juga bisa seperti sepatu anak yang saya buat teknik pengerjaan agak berbeda dengan sepatu kanvas. akan saya jelaskan dilain waktu.
2. cat, cat yang di gunakan biasanya acrilyc yang termurah merknya marries kamu bisa dapatkan di toko-toko besar atau toko-toko alat lukis. harganya bervariasi mulai yang termurah 20 rb s/d 50 rban.
3. kuas, kuas yang dipergunakan biasanya yang terkecil karena media yang kita lukis ini ukurannya kecil, saya sendiri menggunakan yang ukuran 000 s/d 4, harga nya bervariasi saya pergunakan yang paling mahal yang uk. 000 saja harganya 30 rb-an. saya gunakan yang bagus dan mahal karena lebih enak dipergunakan serta awet.
4. tatakan gambar, bisa kamu buat sendiri dari teriplek yang tempelkan ke balok dengan kemiringan tertentu sehingga enak untuk di lihatnya (gbrnya belum saya buat), kalau mau pesan juga booleh.
5. vernish, ada yang cair dan ada yang semprot, kalau saya pergunakan yang cair karena lebih murah ketimbang yang semprot, yang cair harganya 60 rb sementara yang semprot bisa mencapai 200 rb-an.
6. bakat melukis, kesulitan melukis di atas sepatu ini karena bentuknya yang kecil beda sekali ketika kita melukis di atas kanvas, dibutuhkan ketelitian, kesabaran, dan ketelatenan karena kalau tidak pening deh kepala di jamin. saya juga jual obat sakit kepala loh.
7. dan lain-lain, banyak yang bisa di aplikasikan kedalam seni lukis sepatu ini tergantung imajinasi serta daya kreatif kita seperti menggunakan mata-mata an, glitter dll.
8. selamat datang di dunia seni sepatu lukis, semoga seni di indonesia semakin maju dan semakin kreatif para seniman untuk berkreasi karena dengan kreasi seni ini banyak yang di untungkan selain lumayan buat pemasukan sendiri juga meningkatkan penjualan para pembuat sepatu kanvas, bayangin dalam 3 bulan terakhir harga sepatu kanvas sudah naik 2 kali, saya cuma bisa ngelus dada aja, tapi alhamdulillah berkat tangan-tangan kreatif kita sudah meningkatkan pendapatan para pengrajin sepatu kanvas, mungkin dilain waktu kita keroyok rame-rame tas kanvas biar laku dipasaran tapi kalau udah laku mbok ya jangan naik-naik terus.
9. pinsil untuk sketch, sangat diperlukan buat yang baru nyoba-nyoba ngelukis.
vernish yang kita gunakan adalah varnish cat acrilyc, untuk pelapis agar cat nya lebih kuat dan tahan lama, juga mengkilap bisa juga ngedop tergantung pilihan vernish nya.
http://handokoaji.wordpress.com/

Teknik Melukis Sepatu Kanvas.
by handokoaji – http://handokoaji.wordpress.com
yang lalu telah kita bahas alat pendukung yang dibutuhkan dalam melukis sepatu kanvas, sekarang saya akan coba kupas tentang bagaimana teknik melukis pada sepatu kanvas.
sebelumnya ada 2 teknik melukis yang saya baru ketahui yang pertama, full body shoes yaitu menggambar/melukis pada seluruh bagian sepatu dengan memberikan sentuhan warna dasar dengan cat, silahkan kunjungi http://www.zazzle.com/mk/c-shoesyang kedua, half body shoes yaitu menggambar/melukis pada sebagian saja pada sepatu, biasanya ini untuk sepatu yang sudah ada warna background dari pabrikan sekarang banyak warna pilihan yang disediakan oleh pabrik pembuat sepatu.
penulis cenderung pada yang pertama kenapa? karena?
pertama, kualitas warna pabrikan mudah sekali pudar pada beberapa kali pencucian, yang namanya melukis seharusnya yang keseluruhan bidang sepatu walaupun lukisannya hanya sebagian saja, dan dengan cara full body shoes cat nya lebih tahan terhadap air karena diberikan lapisan dasar cat pertama dan ditutup dengan vernish untuk menguatkan bagian atasnya.
oke kita lanjutkan teknik melukis sepatu kanvas
1. siapkan sepatu yang hendak di lukis dan desain yang kita inginkan, kalau memang desain gambar sudah ada dikepala atau dengan berimajinasi sendiri silahkan….
2. beri warna dasar pertama, penulis lebih suka sepatu polos putih kemudian kita lapisi warna dasar putih. fungsi nya agar ketahan warna kedua akan tetap terjaga karena bila sepatu di cuci maka air akan masuk melalui bagian dalam juga khan, maka kita lapisi cat warna pertama (putih). baru warna kedua atau warna background kalau memang warna lain yang diinginkan.
3. setelah warna dasar putih baru kita bisa membuat sketchnya di atas warna putih tersebut, kalau memang ada warna background berarti sketch dilakukan di atas warna background tersebut. untuk warna background gelap gunakan pinsil berwarna putih begitu sebaliknya bila warna terang gunakan pinsil warna hitam. bagi yang sudah mahir berimprovisasi sendiri bisa langsung menggunakan kuas dengan warna dasar desain yang dominan ya terserah bagaimana kamu melakukannya, pokoknya jadi setch awal. berikut guratan kuas tipis2 saja, penulis menggunakan kuas no. 00 untuk membuat sketch
4. setelah penyeketan (scetch) gambar barulah kita bisa masukkan warna sesuai desain yang kita inginkan
5. mudah bukan sama saja seperti kita melukis pada kertas hanya saja media nya yang lebih kecil dibutuhkan ketelitian, ketelatenan dan kesabaran yang luar biasa.
sering-sering berlatih itu merupakan hal yang utama untuk melatih kerja tangan dan otak agar selaras.
6. semoga sukses.
mungkin itu yang bisa saya tulis dalam artikel ini, sekiranya kritik dan saran saya harapkan dari pembaca untuk menigkatkan kualitas sepatu lukis di indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar