Rabu, 04 November 2009

MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU

Bagaimana Mendirikan Penerbit Buku Tanpa Modal,Jaringan,dan Tanpa Pengalaman.
Banyak orang yang bertanya kepada saya, bagaimana mendirikan penerbitan yang sukses.
Saya biasanya menjawab, “ anda bertanya kepada orang yang salah. Bila anda ingin mendapat ilmu bagaimana menjadi penerbit yang sukses, tanyalah kepada pendiri Mizan, Gramedia, GIP, Grafindo atau penerbit besar lainnya “
Biasanya orang itu akan kembali menjawab, “oh kalau mereka sih punya modal besar jadi tidak heran “.
Lalu saya katakan, “ kalau anda ingin tahu bagaimana mendirikan penerbitan skala rumahan tanpa modal, tanpa jaringan,

tanpa pengalaman, saya bisa menjelaskannya sedikit “.
Pada umumnya, orang yang bertanya itu adalah orang yang ingin karya tulisnya diterbitkan menjadi buku. Dia mungkin sudah menawarkan naskahnya ke berbagai penerbit tapi belum diterima. Perlu anda ketahui, menjadi penulis dan penerbit adalah dua hal yang berbeda. Ini yang sering disalahpahami.
Penulis dalam diagram Kiyosaki masuk dalam self employee, pekerja mandiri. Sedangkan penerbit masuk dalam kategori pengusaha. Penerbit adalah suatu jenis usaha. Yang diasumsikan terus ada. Sehingga tidak bisa menjadi penerbit hanya menerbitkan satu buku saja, kemudian berhenti. Karena membutuhkan waktu, energi dan biaya untuk membangun relasi dan jaringan. Anda akan rugi bila menjadi penerbit dengan tekad hanya menerbitkan satu dua buku saja setelah itu tutup. Bila hanya ingin menerbitkan satu buku saja sebaiknya anda menjadi penulis bukan penerbit.
Bila anda menjadi penulis, anda bisa hanya menawarkan tulisan anda kepada penerbit. Bila karena satu hal anda ingin berhenti menjadi penulis, itu tidak terlalu merugikan. Karena biaya menjadi penulis relatif tidak sebesar biaya yang dikeluarkan bila anda menjadi penerbit.
http://penerbitjabal.com/
Lalu Bagaimana mendirikan penerbitan
Dalam hal apapun pemasaran adalah yang utama. Pemasaran mendahului produksi. Yang saya lakukan pertama kali adalah mencari pihak yang mau memasarkan buku terbitan saya. Alhamdulilllah ada yang mau yaitu MQS. Setelah itu saya mencari pihak yang mau mencetak buku dengan pembayaran dibelakang setelah buku laku. Semua percetakan yang saya hubungi maunya bayar dimuka atau bayar setelah buku jadi. Saya tidak punya uang, jadi saya tidak bisa bayar dimuka. Alhamdulillah ada yang mau bayar dibelakang, yaitu percetakan Alia Grafika. Kemudian saya mencari orang yang mau melayout isi dan mendesain cover buku dengan pembayaran dibelakang, setelah buku laku. Sebagian besar yang saya temui tidak mau, maunya dibayar setelah desain selesai. Alhamdulillah ada yang mau, yaitu Bapak Agus Anwar.
Nah setelah itu barulah saya mencari naskah. Karena saya tidak mempunyai sumber naskah dan pengetahuan saya mengenai hal ini sangat jelek maka saya tidak tahu dimana mendapatkan naskah buku. Sebenarnya hal yang paling utama adalah karena saya tidak punya uang. Bila saya punya uang tentu mudah saja mendapat naskah dari penulis terkenal.
Ada beberapa orang yang menawarkan naskah. Namun isinya biasa-biasa saja. Penulisnya pun orang yang baru menulis. Jadi kalau saya menerbitkan tulisannya, sama saja saya mendongkrak namanya. Lebih baik nama saya saja yang terdongkrak. Saya pikir kalau cuma tulisan biasa saja saya juga bisa. Karena itu saya coba menulis. Ya lumayan. Seminggu jadi. Kemudian tindakan saya adalah :
1. Naskah itu saya beri ke layouter. Seminggu selesai
2. kemudian diserahkan ke percetakan (dicetak 1500 buku). Mungkin karena bayar belakangan jadinya agak lama. sebulan
3. setelah selesai langsung di kirim ke MQS untuk dijual
Alhamdulillah hasilnya lumayan bagus. Sebulan pertama laku 500 buku, bulan kedua laku seribu buku.
http://penerbitjabal.com/

Percetakan Buku Tidak Mengharuskan Jadi Penerbit
Oleh: Tegan Dawn
Hidup sehari-hari biasa orang luar biasa dengan kehidupan luar biasa stories to tell. Sejarah sebelum kita duduk di masing-masing dan setiap salah satu kakek / nenek, dan jika kami sangat beruntung kakek / nenek. Chronicling keluarga dari sejarah pribadi yang akan dipakai bersama-sama oleh semua orang akan menjadi karya seni sastra yang tidak dapat dicocokkan. Memberikan karunia untuk hidup melalui kata-kata dengan orang-orang terkasih adalah sebuah hadiah yang akan disimpan dlm hati untuk generasi. Anda tahu ini, dan Anda telah mengambil waktu untuk mendengarkan dan menulis sejarah keluarga untuk kepentingan semua orang-orang yang cinta dan peduli dan Anda telah siap untuk Anda tulisan-tulisan menjadi sebuah buku yang tidak hanya kisah yang memberitahu keluarga, tapi memiliki foto yang menggambarkan momen spesial dalam kehidupan yang menyenangkan bagi orang untuk berbagi.

Bagi Anda penulis luar sana yang menulis untuk kepentingan menulis, dan mungkin tidak ada mimpi dari publikasi tetapi akan sangat senang untuk melihat bekerja dalam bentuk buku, Dazzleprinting.com dapat membantu Anda melihat impian Anda datang ke hidup. Menulis buku adalah sebuah prestasi sangat sedikit orang dicapai. Menulis buku yang Anda ingin orang lain membaca merupakan prestasi bahkan lebih besar. Setelah Anda memutuskan bahwa Anda ingin ia cetak, Anda mungkin menemukan bahwa locating sebuah perusahaan percetakan mampu mencetak beberapa salinan dan biaya Anda tidak berlebihan, hampir dari keterlaluan. Sampai Anda menemukan yang Dazzleprinting.com. Dazzleprinting.com mampu mencetak pesanan jumlah kecil dan biaya yang sesuai.

Authoring memoires Anda sendiri atau Anda sendiri penning cerita pendek terkesan seperti novel dan gagasan Anda selalu dilakukan sebagai cara untuk bersantai. Tetapi karena Anda telah membaca kembali hal-hal yang telah Anda tertulis Anda memutuskan bahwa Anda benar-benar adalah baik dan penulis yang ingin menerbitkan buku Anda tapi tidak tahu bagaimana, atau mungkin anda tidak ingin berurusan dengan keterbukaan dan kemungkinan penolakan dari penerbit. Anda tahu dan mengerti internet anda dapat pasar Anda sendiri buku, semua yang benar-benar Anda butuhkan adalah sebuah perusahaan yang dapat diandalkan rendah biaya pencetakan buku. Dazzleprinting.com tidak hanya dapat membantu Anda mencetak dan menjilid buku Anda, tetapi mereka akan membantu anda bekerja dengan desain juga. Dazzleprinting.com adalah tempat untuk mencari semua kebutuhan anda cetak dari buku, buku-buku dan katalog, untuk brosur, kartu nama, majalah, dan banyak lagi.
Pasal Sumber: http://www.articlesnatch.com
Tentang Pengarang:
Hari ini kita hidup di dunia yang tidak " 't menunggu untuk orang lain"' s persetujuan. Kami don "t like the answer, kami tetap meminta sampai kita" kembali puas, jika seseorang tidak memberitahu kita, apa yang kita ucapkan dan kita melanjutkan. Yang sama datang ke buku cetak (http://www.dazzleprinting.com/category). Tegan Dawn saya dan saya berkata jika anda memiliki sesuatu untuk berkata dan ingin berbagi, selain tentu saja dilakukan. Maybe you don "t sudah cukup untuk mengisi buku; Dazzleprinting.com yang mampu mencetak buku-buku juga. Apapun berbagi kata-kata!
Tag: menulis dan berbicara, buku-pemasaran, pencetakan buku, pencetakan buku

Nah, langkah pengaturan halaman dan pencetakannya sebagai berikut:
Pengaturan halaman
1. File>Page Setup>Margin
Pada bagian Pages, pilih Mirror margins>OK
File>Page Setup>Paper . Ubah panjang dan lebar kertas untuk ukuran setengah halaman F4 (folio); Width = 16,5 cm Height = 21,5 cm> OK
Atur penomoran halaman; insert>page number>OK
2. Permanis dengan page border; Format>border and shading>page border>Art; klik pada drobdown menunya, pilih salah satu jenis border.>OK
Cara Pencetakan
1. Mencetak dokumen. File>print>
Atur bagian pages per sheet menjadi ; 2 pages, dan atur bagian scale to paper size menjadi ; F4
2. OK
Setelah ini, maka komputer akan memerintahkan printer untuk mencetak dokumen kita ke dalam satu lembar F4 (folio) yang berisi masing-masing 2 halaman. Demikianlah…semoga pengalaman ini berguna bagi siapa pun yang ingin membuat buku sendiri.
Oleh: Tegan Dawn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar