Sabtu, 14 November 2009

Usaha Dengan Modal Sedikit

Berkecimpung dalam dunia bisnis atau keinginan pertama kali untuk menekuni dunia usaha, baik itu di bidang jasa ataupun barang, hendaklah terlebih dahulu mengetahui bagaimana memanage atau mengatur suatu strategi keuangan dalam hal ini adalah modal yang digunakan untuk menjalankan suatu usaha, baik yang dipergunakan untuk berproduksi ataupun yang dipergunakan untuk biaya transportasi, promosi, dan biaya-biaya tak terduga lainnya. Pada dasarnya semua bentuk usaha yang akan kita jalankan akan selalu mengacu pada 2 landasan pokok yaitu modal dan manage. Yang akan kita bicarakan disini adalah tentang modal, lebih khususnya modal yang terbatas atau kecil. Untuk menjalankan usaha dengan modal kecil harus didukung oleh satu factor X yang bersama-sama secara koheren mendampingi modal kecil tersebut. Apakah factor X tersebut? Faktor X tersebut meliputi beberapa hal yaitu antara lain :
1. Kemampuan berinteraksi secara positif untuk menyikapi peluang usaha yang ada,
2. Kedisiplinan diri untuk bisa mensaving hasil dari modal yang

telah terjalankan secara bertahap dan pelan-pelan.
3. Kemampuan untuk membangun link development usaha dan marketing link yang lebih luas, tentunya dengan asumsi tidak begitu besar ( karena keterbatasan modal yang ada) tetapi cukup konstan dan bergrafik meningkat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
4. Keberanian untuk selalu mencari bentuk kreatifitas usaha yang lain yang masih berhubungan baik bentuk maupun caranya dengan bentuk usaha pertama yang digeluti.
5. Selalu berusaha untuk meningkatkan di bidang kualitas dan kuantitas produksi barang atau jasa pada bidang usaha yang ditekuni.
6. Semangat dan kesabaran yang tinggi dengan tetap mempunyai target pencapaian usaha.
Jadi tanpa kombinasi factor-faktor X yang tersebut diatas untuk menemani jalannya suatu usaha dengan modal kecil tentunya tingkat keberhasilan dan perkembangan usaha tersebut tidak akan bisa sesuai dengan yang diharapkan. Usaha dengan modal kecil yang dibarengi beberapa atau salah satu hal X tersebut diatas masih memiliki kelemahan, kelemahan tersebut adalah biasanya tingkat kesuksesan dan perkembangan usaha tersebut cenderung memakan waktu yang cukup lama, sisi positifnya adalah personal pengusaha yang berkarakter dasar dari modal kecil biasanya lebih percaya diri di sisi mentalitas dan lebih dapat benar-benar mengusai bidang usahanya, dan jarang sekali mereka tidak bangkit lagi saat usahanya jatuh atau mengalami penurunan/defisit, baik dalam hal perkembangan bentuk usahanya, productnya ataupun dalam hal marketing netnya.
Semoga artikel tersebut bisa membantu kita untuk lebih bisa menyiapkan diri dan memotivasi diri untuk tetap tekun mencari dan menciptakan peluang usaha yang ada.
By. Irawan http://kreatifkerja.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar