Selasa, 27 Oktober 2009

HAL-HAL YANG HARUS KITA LAKUKAN BILA HP KITA TERKENA AIR


Langkah-langkah yang mesti kita lakukan adalah sbb :
1. Segera copot/ambil batre dari Hp tersebut.
2. Keringkanlah dengan cahaya yang lumayan hangat (lampu), janganlah menggunakan cahaya matahari, karena akan mengakibatkan rusaknya sel-sel warna pada layar/LCD-nya
3. Keringkan dengan waktu yang lumayan lama (1-2 hari), jadi memang dalam hal ini dibutuhkan kesabaran, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
4. Berikan cairan khusus pada lubang conector charger pada HP dan interface conector pada batre (tempat pada batre yang terhubung dengan pesawat HPnya) dengan cairan alkohol atau perfume atau yang lebih baik semprotlah denga cairan contact cleanner anti karat. Tunggulah sampai kering.


5. Setelah proses pengeringan dirasa cukup, cobalah pasang dan hidupkanlah HP tersebut. Jika HP masih mengalami error pada beberapa funsinya tau terasa hangat/panas, segera ulangi proses seperti diatas.
6. Langkah-langkah tersebut diatas hanya bisa kita gunakan untuk HP yang hanya terkena tetesan air hujan atau hanya tercebur atau masuk ke air sekejap saja. Bila telah tercebur atau berada dalam air cukup lama, langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah :
7. Biasanya bila hal tersebut terjadi, HP akan mengalami restart, mati hidup, atau hanya berkedip-kedip/blep. Yang terparah adalah HP mati total, atau unfunction.
8. Gunakanlah seperti langkah nomer 1 saampai 5, bila kerusakannya tetap atau tidak mengalami perubahan, segerahlah bawa ke tempat servisan resmi dan bergaransi, jangan lupa untuk menceritakan bagaimana penyebab dari kondisi kerusakan HP tersebut, agar teknisinya bisa mengawalinya dengan langkah yang benar. Setelah HP bisa diperbaiki usahakan gantilah batre dengan batre yang baru.
9. Air bisa mengakibatkan arus pendek /shorting antara arus negative dan positif dan air yang tertinggal didalam mesin/hardware HP akan mengalami suatu proses pengerasan bila mendapatkan arus power/daya listrik dari batre, biasanya air akan berubah bentuk menjadi seperti bedak putih yang semakin lama akan berwarna hijau dan kemudian coklat lalu menghitam dan hal ini jelas akan menyebakan proses konsleting pada arus hardware HP, hingga HP akan mengalami beberapa gangguan pada beberapa fungsinya bahkan bisa mati total/unfunction.
Semoga tips langkah-langkah awal untuk mengatasi HP yang terkena air tersebut diatas bisa bermanfaat bagi kita.
By. Irawan http://kreatifkerja.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar