Minggu, 25 Oktober 2009

MELUKIS GELAS - GLASS PAINTING ART

Berbagai macam ketrampilan telah di adakan oleh Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita Jawa Timur dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang terdapat di dalam Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita Jawa Timur. Salah satu pelatihan ketrampilan yang mendapatkan antusias yang sangat baik adalah pelatihan ketrampilan Glass Painting. Ketrampilan yang menggunakan bahan dasar dari kaca sebagai media lukis atau mewarnai ini mempunyai nilai artistik atau nilai seni yang dapat di jadikan hiasan maupun penghias rumah.Berikut adalah beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam ketrampilan glass painting :
1. Bahan untuk Glass PaintingBahan dasar yang di gunakan adalah kaca,

dalam hal ini dapat menggunakan bahan-bahan dasar kaca di sekitar kita seperti gelas, botol, piring, tempat selai, stoples, dll. Yang perlu di perhatikan adalah benda yang akan di gunakan sebagai media melukis atau mewarnai janganlah yang sudah banyak goresannya dan buram, pilihlah benda kaca yang mempunyai bentuk yang unik dan artistik.
2. Penyiapan bahan dasarBahan dasar kaca yang di gunakan sebagai media melukis maupun mewarnai sebaiknya di bersihkan terlebih dahulu dari kotoran , minyak dan lemak.Setelah bersih dan kering sebaiknya di seka dengan kain bersih dengan menggunakan methanol.3. Desain dan pola lukisanPada dasarnya untuk membuat pola lukisan pada media berbahan dasar kaca tergantung pada selera masing-masing individu karena motif yang di gunakan bisa berbagai macam. Namun motif atau pola yang biasa digunakan adalah motif bunga, kartun, binatang, capung dan kupu-kupu. Untuk melukis maupun menggambar kerangka motif yang akan di buat sebagainya menggunakan outliner terlebih dahulu atau bisa menjiplak pola pada kertas dengan meletakkan kertas yang sudah bermotif pada sisi dalam media bahan kaca, selanjutnya kerangka maupun motif bisa dibuat dengan mencontoh gambar tersebut.
4. Bahan pewarnaAda 2 macam pewarna yang bisa digunakan dalam ketrampilan Glass painting ini:a. Cat Opaque CoatesIni adalah jenis cat yang tidak transparent dan biasanya di gunakan bagi yang baru berlatih glass painting. Cara menggunakannya yaitu dengan mengencerkannya terlebih dahulu dengan thinner dan ditambah Glass Fixed Catalist (-+ 5%).b. Cat Transparent VetroCat ini menghasilkan warna-warna yang cerah dan transparent. Cara menggunakannya bisa langsung di kuaskan di media berbahan dasar kaca yang sudah bersih.Untuk kadar kekentalannya sesuai dengan kebutuhan bisa ditambahkan dengan thinner. Biasanya cat ini di gunakan oleh pengrajin glass painting yang sudah terlatih
5. Pengecatan Setelah penggunaan Out liner / garis luar pada media kaca, bisa di kuaskan dengan Cat Opaque Coates atau Cat Transparent Vetro. Akan lebih baik jika proses pengecatan menggunakan kuas nylon. Kuaskan cat pada media kaca secara merata jangan terlalu tebal. Setelah selesai pewarnaan kemudian keringkan.(wba)
Seni Glass Paintinghttp://learningcentersbw.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar