Kamis, 29 Oktober 2009

KERAJINAN KUPU-KUPU DARI PELEPAH BUAH/BIJI JAGUNG – BUTTERFLY HANDICRAFT (2)


Persiapkan dulu bahan-bahan yang akan kita gunakan : Papan kayu tipis (bisa dari kayu kapuk/kayu kas yang permukaannya halus – mudah didapat di kios-kios kayu jadi), cat warna ( cat minyak atau cat poster), kuas (ukuran agak besar dan kecil), pelepah pembungkus biji/buah jagung (yang telah kering), bor (untuk melubangi pojok-pojok kayu), biji sawo ( atau biji apapun yang bentuknya pipih memanjang), lem kayu/lem silicon, gunting dan sapu ijuk atau senar yang cukup kaku. Langkah-langkah membuatnya adalah sbb:
1. Guntinglah pelepah jagung kering berbentuk sayap kupu-kupu. Untuk satu sayap kupu-kupu terdiri dari 2 lembar potongan pelepah jagung (satu sayap rangkap dua agar kuat/tidak mudah sobek).
2. Satukan dua lembar pelepah berbentuk sayap tadi dengan lem. Setelah
ada 2 sayap kiri dan kanan dan lemnya telah kering, catlah sayap tersebut dengan warna-warni yang menarik.
3. Satukan 2 biji sawo atau yang sejenisnya dengan lem, kemudian rekatkan 2 sayap dengan lem. Potonglah sapu ijuk atau bisa juga senar tadi kemudian rekatkan di ujung biji sawo, sebagai antenna dari kupu-kupu tadi. Bekas lem tutuplah dengan cat agar tidak terlihat.
4. Potong dan bentuklah kayu menjadi persegi empat memanjang yang ukurannya sesuaikan dengan beasrnya kupu-kupu tadi, dan warnailah dengan warna yang menarik. Pada ujung-ujung bagian atas kiri dan kanannya buatlah lubang sebagai tempat gantungan paku, atau bisa juga dengan tali hias yang memanjang dari kiri ke kanan..
5. Tempelkan kupu-kupu yang telah jadi tadi pada kayu yang telah dicat.
6. Jadilah bentuk kerajinan manis dan menarik yang bisa menghiasi tembok ruang tamu atau kamar kita.
Semoga ide kreatif tersebut bermanfaat bagi kita.
By. Irawan. http://kreatifkerja.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar